Post Tebaru

Pembangunan PLTA Ketenger

Potret Stasiun di Karanganyar Kebumen

Dokumentasi stasiun kereta api pada masa Belanda memang sangat melimpah. Hampir di setiap daerah yang memiliki stasiun pasti terdokumentasi dalam foto hitam putih. Meski tak seperti video yang mampu memberikan keterangan lebih detail, foto lawas ini sudah cukup memberikan informasi terkait kondisi awal stasiun kereta saat itu. Namun kekurangannya adalah melalui foto tersebut kita sebagai pembaca terkadang tidak bisa mengetahui asal tempat tersebut karena tidak ada ciri khas, keterangan nama dalam foto, atau karena foto terlalu jauh. 

Seperti foto ini, awalnya saya mengalami kesulitan dalam menganalisa asal tempat foto ini. Saya kira foto ini berasal dari stasiun Gombong karena terdapat tulisan Gombong di bangunan. Namun setelah saya baca di keterangan, ternyata stasiun ini berasal dari Karanganyar. 

Kesimpulan yang saya dapat adalah ternyata pada waktu itu kecamatan Karanganyar saat ini masih tergabung dalam Gombong. Sehingga nama Gombong di tembok stasiun bisa lebih dimengerti asalnya. Untuk lebih paham, besok saya akan posting tersendiri untuk peta dari Gombong. 



Gambar ini berjudul "Station Gombong van de Staatssporwegen in de lijn van Kroja naar Jogjakarta bij Karanganjar" yang artinya Stasiun Kereta Api Gombong di Jalur Kroya ke Yogyakarta di Karanganyar. 

Tidak ada catatan Fotografer dan angka tahun yang jelas, namun diperkirakan sekitar tahun 1900.

Diterbitkan oleh : KITLV

Comments