Post Tebaru

Pembangunan PLTA Ketenger

Tentara India Pembela Republik Indonesia di Gombong Kebumen (1948)

Tahukah kamu, apabila terdapat tentara India Muslim yang dibawa oleh Inggris membelot dan bergabung dengan tentara Indonesia. 

P.R.S. Mani seorang wartawan India menyebutkan dalam Jejak Revolusi 1945 jika sekitar 600 orang tentara India muslim membelot. Pendapat lain dari Richard McMillan menambahkan dalam The British Occupation of Indonesia 1945–1946, jumlah keseluruhan tentara India yang membelot sekitar 746 orang atau 1,7 % dari total 45.000 tentara Inggris. Sekitar 60 % pembelot adalah tentara India muslim. Di Jawa, di mana sebagian besar desersi terjadi, pembelot muslim dua kali lebih banyak dari pembelot Hindu.

Barigade India ini dimobilisasi dalam Volunteer Indian Troops (VIT). VIT dibuat pada tanggal 21 Februari 1946 tidak termasuk barigade internasional ujar A.H. Nasution. Pada 14 Agustus 1947 VIT dipimpin oleh Abdul Matin dan Ghulam Ali. Beliau lah yang memberi tugas untuk membagi anggota VIT ke seluruh Jawa, salah satunya berada di Banyumas dan Gombong kebumen. 

Pada tahun mei 1948 di Gombong terjadi perjanjian damai dimana terjadi pertukaran tawanan antara Belanda dan Pribumi. Sesuai perjanjian, bagi yang memilih untuk memihak ke Belanda dipersilahkan ikut ke Belanda. Biasanya orang tersebut adalah bagian dari KNIL. Adapun tentara India yang tergabung dalam VIT yang berada di Gombong lebih memilih dipulangkan ke negaranya. Mereka diangkut menggunakan truk dan dibawa ke Priok dengan kereta api. 

Sumber :
Historia.id
Nationaal archief


Comments