Post Tebaru

Pembangunan PLTA Ketenger

Pionir Pabrik Keramik Meandalai yang Terlupa

Jika kalian lewat Klampok, kalian akan mendapati tugu keramik yang sangat besar. Ya, memang kecamatan ini dulunya sentra keramik yang terkenal. Sampai awal tahun 2000an beberapa pengrajin keramik mulai berguguran. Sampai saat ini terlihat hanya sda dua pengusaha keramik yang bertahan, yaitu pabrik keramik Usaha Karya yang berada dekat dengan SPBU Klampok dan Pabrik Keramik Mustika yang berada di sebelah timur Klampok.

Dalam wawancara saya dengan salah satu mantan pengrajin Keramik Bapak Budi (skrng Guru di SMP 2 Mandiraja), beliau menjelaskan apabila Pabrik Keramik sekarang (Mustika dan Usaha Karya) adalah  pengusaha yang masih berdiri. Sebelumnya terdapat hingga 40an pengrajin, baik yang memiliki galeri sendiri atau perorangan.


Mengejutkannya lagi adalah bahwa kedua pabrik keramik tersebut bukanlah yang pertama kali berdiri. Pabrik keramik pertama sekaligus pionir keramik Klampok adalah Pabrik Keramik Maendalai. Lokasinya berada di sebelah selatan Puskesmas Klampok 1. Pabrik ini berdiri sejak tahun 70an dan tutup pada tahun 2000an. Dalam sebuah koran lawas, karya keramik Maendalai ini merupakan sebuah souvenir yang sangat berharga. Bahkan dijadikan sebagai oleh-oleh untuk setiap kunjungan negara. Namun masa keemasan keramiknya hanya bertahan 30 tahun. Sekarang pabrik ini sudah terbengkalai seperti dalam foto.

Kami melakukan investigasi dengan mengunjungi pabrik Maendalai yang ternyata berada di komplek rumah bekas pegawai kontrolir pabrik Gula Klampok.  Kondisinya sekarang sudah terbengkalai. Namun masih bisa kita lihat beberapa keramik yang menghiasi dinding toko yg tertutup itu.

Kalau ada kesempatan, coba main ke pabrik keramik meandalai ini.




#banjarnegara #keramikklampok #sejarah #fyp

Comments